Melakukan ekspor barang untuk kirim paket ke Singapura ataupun negara lainnya tentu harus paham prosedur. Tetapi jika dibicarakan secara luas, anda tidak hanya harus tahu prosedur tapi juga mau memahami triknya agar pengiriman barang tetap lancar. Terutama memang bagi Anda yang memiliki bisnis di bidang eksportir, tentu saja harus mengerti regulasinya karena peluang ekspor barang semakin tinggi saat ini. Untuk itu pahami terlebih dahulu beberapa hal ini sebelum kirim barang ke luar negeri.

 

  • Cek tarif, melakukan cek tarif ongkir saat ini tentu sangat penting sebelum anda melakukan pengiriman paket terutama untuk ke luar negeri. Karena seperti diketahui kirim barang ke luar negeri tentu biayanya akan lebih mahal jika dibandingkan pengiriman barang antar pulau atau antar kota. Maka dari itu penting untuk melihat berapa detail biaya pengiriman barang baik untuk ukuran berat barang yang sedang dan juga besar. Cek biaya pengiriman bisa langsung lewat ekspedisi resmi yang anda pilih. Pastikan juga Anda sudah memilih jasa pengiriman yang memberlakukan sistem pick-up barang dari alamat Anda. Sehingga hal ini memudahkan anda untuk pengiriman barang lebih cepat karena tidak ada yang namanya buang-buang waktu.
  • Jalur pengiriman, setelah anda melakukan pengecekan biaya pengiriman tentu harus tahu juga jalur untuk kirim paket ke Singapura. Biasanya transportasi untuk kirim barang ke luar negeri ada dua yaitu jalur udara dan jalur laut. Untuk kirim barang dengan jalur laut menggunakan kapal pengangkut atau dinamakan kapal kargo. Pengiriman barang dengan kapal kargo, paket-paket anda akan disimpan dalam sebuah kontainer besar di atas kapal. untuk biaya pengiriman lewat kapal kargo umumnya lebih murah dibanding jalur udara. Hal ini karena pengiriman dengan kapal kargo memuat lebih banyak jumlah barang di saat dikirim, lalu untuk estimasi waktunya bisa terbilang lebih selama untuk sampai ke tangan penerima. Sementara ketika melakukan pengiriman barang lewat udara estimasi sampainya barang lebih cepat. tetapi disisi lain jumlah angkutan barang yang dikirim lebih terbatas dan ongkos kirim jadi jauh lebih mahal. Untuk kirim barang dengan menggunakan jalur udara punya keterbatasan pada bobot barang. Jika barang yang dikirim terlalu berat maka biasanya jalur udara tidak akan menerima paket tersebut.
  • Biaya pajak, saat kirim barang ke luar negeri untuk Anda juga harus berurusan dengan pajak atau bea cukai. Nah anda sebagai seorang eksportir tentu harus tahu bagaimana regulasi pengiriman barang dengan tambahan bea cukai untuk barang yang akan masuk ke negara tujuan. Misalnya Anda akan melakukan kirim barang ke Singapura, maka harus tahu dulu aturan prosedur pajak pada negara tersebut. Namun umumnya ketika mengirim barang, biaya pajak ditanggung oleh penerima barang bukan pengirim. Agar kirim barang lancar juga harus melakukan pengisian faktur yang lengkap, agar barang anda tidak tertahan di bea cukai. Data kelengkapan barang harus valid agar petugas bea cukai bisa menilai pajak ataupun biaya yang harus dikenakan untuk barang Anda.

 

Demikian trik pengiriman barang yang harus dipahami agar ekspor barang ke luar negeri semakin lancar. Bagi Anda yang ingin melakukan kirim paket ke Singapura atau pun negara lainnya bisa mempercayakan pada jasa ekspedisi terbaik yaitu Kilo.id. Jasa ini memiliki banyak sekali kelebihan salah satunya memberikan biaya ongkos kirim yang relatif terjangkau apalagi untuk pengiriman barang dengan bobot yang lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *